Minggu, 03 April 2011

Membuat ringtone sendiri pakai Sound Forge 6.0

Ingin memuat rintone sendiri ? Dengan lagu favorit tapi tidak tau cara memotongnya? Kita bisa lakukan dengan menggunakan sound forge. Biasanya aku gunakan software ini untuk memotong beberapa bagian dalam sebuah lagu yang aku suka dan kemudian aku jadikan ringtone di handphone. Kali ini aku masih menggunakan sound forge 6 software klik DISINI dan serial numbernya DISINI. Tapi jika mau mendownload versi terbarunya Sound Forge Pro 10 – Professional Digital Audio bisa klik DISINI, Tapi versi baru cukup besar sekitar 172 MB sedangkan yang versi 6 sekitar 22 MB.
1.  Buka software yang sudah diinstal, kemudian buka file lagu yang ingin kamu potong. Kali ini aku ambil contoh lagunya Paloma Faith yang Technicolour. Aku hanya ingin memotong bagian lirik awal saja.
FILE > OPEN > (CARI LOKASI FILE) > OPEN
2.  Kemudian buka file baru , untuk setting sample rate dan bid depht tetap saja
FILE > NEW > OK
3.  Buka file lagu dengan klik play, dengarkan serta perhatikan bagian mana yang ingin dipotong dengan memperhatikan lokasi detiknya. Kemudian arahkan kursor dan tandai lokasi yan ingin dipotong dengan menarik kursor dan copy. EDIT > COPY (Catatan saat mengcopy sound lagu sudah tidak dijalankan).
4.  Paste sound dari lagu ke sound file yang baru dengan mengarahkan kursor pada file yang baru.
KUSOR DI FILE BARU > KLIK KANAN > PASTE
5.   Arahkan kursor pada file yang baru (sound 1), kemudian simpan file pada lokasi yang kamu inginkan dengan nama file yang baru dan tipe file juga bisa disimpan dalam bentuk wav, mp3 atau yang lain.
FILE > SAVE AS > (KETIK NAMA FILE) > SAVE
6.  Ringtone yang kamu inginkan sudah jadi dyeh. Kamu bisa variasi sendiri dengan ringtone yang kamu gabung dari banyak lagu, terserah kreasimu. Tinggal transfer ke handphone kamu.
7.  Semoga bermanfaat

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap gan!!!!
thanks infonya

Posting Komentar

 
Powered by Blogger